Senin, 31 Agustus 2020

SehatQ.com: Mengenal Tentang Informed Consent dan Alasannya Dalam Tindakan Medis

 Pernahkah Anda mendengar tentang informed consent sebelumnya? Mungkin beberapa dari Anda sudah mengetahui dan beberapa yang lain belum pernah mendengar. Perlu diketahui, informed consent adalah sebuah tahapan yang cukup penting ketika seorang pasien hendak mendapatkan tindakan medis dari dokter yang memeriksanya.


Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai seluk beluk tentang informed consent dan kenapa hal tersebut penting untuk diketahui. Tentu saja, semakin Anda tahu tentang istilah di dunia kesehatan, maka pengetahuan Anda pun akan berkembang.

SehatQ.com Mengenal Tentang Informed Consent dan Alasannya Dalam Tindakan Medis

Apa Itu Informed Consent?

Sebagaimana disinggung sebelumnya, informed consent merupakan hal yang penting dalam penanganan medis. Istilah ini merujuk pada tawaran mengenai jenis tindakan medis yang dilakukan oleh dokter atau perawat kepada pasien. Tujuannya adalah untuk membangun komunikasi yang baik dengan pasien serta memberikan waktu kepada pasien untuk menanyakan perihal tindakan medis dengan lengkap.


Ada beberapa proses yang terdapat dalam informed consent yang harus diketahui. Beberapa proses tersebut adalah sebagai berikut:

  • Adanya kewenangan pada diri Anda untuk membuat keputusan yang tepat
  • Detail dari beragam informasi yang dibutuhkan untuk membuat suatu keputusan
  • Pemahaman terkait detail informasi medis yang dilakukan oleh dokter atau perawat
  • Keputusan sukarela dari pasien atau kerabat untuk menjalani tindakan medis yang dibutuhkan


Tentu saja, dengan adanya informed consent, maka akan ada kesepahaman yang bisa dibangun antara dokter dengan pasien. Hal ini sangat baik karena bisa meminimalkan adanya kesalahpahaman terutama terkait tindakan medis yang diberikan.


Bentuk Penanganan Medis yang Membutuhkan Informed Consent

Secara singkat, informed consent juga bisa diartikan sebagai sebuah perizinan dari pihak perawat kepada pihak pasien untuk melakukan tindakan medis. Ada beberapa bentuk penanganan medis yang memerlukan informed consent sebelum pelaksanaannya. Beberapa penanganan medis yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tes darah, termasuk tes untuk HIV
  • Kemoterapi
  • Vaksinasi
  • Tindakan anestesi
  • Terapi radiasi
  • Transfusi darah
  • Tindakan pembedahan
  • Tindakan lain yang membutuhkan persetujuan


Tentu saja, dalam form informed consent harus terdapat beberapa informasi yang cukup penting mengenai data pasien serta bentuk tindakan medis yang dilakukan. Beberapa informasi yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Diagnosis mengenai kondisi dari pasien
  • Jenis tindakan medis yang akan diambil
  • Manfaat serta risiko dari tindakan medis yang ditawarkan
  • Tindakan medis lain yang bisa menjadi alternative, termasuk manfaat, risiko dan prosedur yang harus dilakukan


Apakah Informed Consent Bisa Diwakili?

Adakalanya persetujuan mengenai tindakan medis tidak diberikan secara langsung oleh pasien. Hal ini berarti ada perwakilan dari pasien yang menjadi pemutus dari penawaran tindakan medis. Kondisi ini diperbolehkan jika terjadi pada beberapa kasus khusus.

Pasien yang belum dewasa menjadi salah satu hal kenapa informed consent bisa diwakili. Hal ini cukup masuk akal karena pasien yang belum dewasa bisa jadi belum begitu memahami seluk beluk tindakan medis dengan lengkap. Selain itu, pasien yang berada dalam kondisi tidak bisa memberikan persetujuan juga boleh menggunakan perwakilan.

Dari beberapa ulasan di atas, perlu diketahui bahwa pada dasarnya pasien memiliki hak untuk mengetahui, memberikan persetujuan atau bahkan penolakan pada tawaran tindakan medis yang diberikan oleh dokter. Oleh karenanya, penting bagi pasien untuk bertanya kepada perawat dan dokter dengan lengkap.

Sebagai platform digital tentang kesehatan, SehatQ.com menawarkan fitur konsultasi dokter kepada pengguna. Fitur ini bisa menjadi platform yang membantu untuk menanyakan beragam hal terkait dunia kesehatan, termasuk tentang informed consent.

Deskripsi: sehatq.com memiliki fitur konsultasi dokter yang bisa digunakan untuk bertanya perihal dunia kesehatan termasuk informed consent sebelum Anda membuat keputusan.