Minggu, 25 Oktober 2020

Cara Memilih Sandal Anak dengan Benar

Cara Memilih Sandal Anak dengan Benar - Hanya untuk dipakai saat bersantai, sandal memang menjadi pilihan yang paling pas dan nyaman. Tidak hanya orang tua yang membutuhkan sandal, tapi juga anak-anak. Namun, pemilihan sandal untuk anak tidak boleh sembarangan. Memilih sandal yang salah bisa menghambat pertumbuhan kaki si kecil.



Bagaimana memilih sandal untuk anak

Ada banyak model dan jenis Sandal Anak yang dijual di toko online. Namun, sebelum tergiur dengan motif atau model yang lucu, baca dulu tips dari berikut ini :

Pilih berdasarkan jenisnya

Ada beberapa jenis sandal yang bisa Anda pilih untuk si kecil. Pilih sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan anak Anda. Selain itu, sesuaikan juga jenis sandal sesuai usianya.

Sandal jepit, ideal untuk pakaian jalan santai

Sandal jepit atau dikenal juga dengan istilah sandal jepit adalah sandal yang memiliki tali berbentuk V. Sandal ini umumnya terbuat dari karet. Namun, kini sudah banyak produsen yang membuatnya dengan bahan lain seperti karet atau plastik. Sandal ini sangat simpel, nyaman, dan mudah dipakai, terutama untuk berjalan santai.

Sayangnya, sandal jepit tidak disarankan untuk anak usia 6 tahun ke bawah. Poros yang hanya bertumpu pada strap sandal akan menyulitkan balita untuk mengontrol kakinya.

Slip-on, simpel dan mudah dipakai

Sandal slip-on adalah sandal yang memiliki penutup di bagian belakang kaki dengan ujung jari kaki dan tumit terbuka. Sandal ini juga sangat simpel dan mudah dipakai. Namun, seperti sandal jepit, sepatu slip-on juga tidak disarankan untuk digunakan oleh balita.

Model terbuka tanpa pengait membuat sandal ini mudah lepas dari kaki anak dan bisa tersandung. Meski begitu, untuk anak Anda yang sudah cukup besar, sandal ini praktis karena sangat mudah digunakan.

Bagaimana Cara Memilih Sandal Anak dengan Benar?

Bakiak, lebih aman tanpa khawatir tersandung

Buat kamu yang punya balita, sendal jenis clogs paling ideal untuk digunakan. Bakiak memiliki bagian belakang kaki hingga jari kaki yang tertutup, sedangkan tumit terbuka. Bakiak juga biasanya dilengkapi dengan strap tambahan di bagian belakang sehingga aman dipakai bahkan oleh balita sekalipun.

Pilih bahan yang nyaman dan tidak licin

Selain keamanan, Anda juga perlu memperhatikan kenyamanan bahan sandal yang dikenakan anak Anda. Bahan sandal ada bermacam-macam, mulai dari karet, kulit, kain, nilon, atau plastik. Bahan tersebut dinilai sangat nyaman karena memberikan sentuhan lembut pada kaki.

Bahan kulit, memiliki ciri kuat dan awet sehingga lebih awet dalam pemakaian. Disisi lain, karet, nilon, atau plastik bisa menjadi pilihan jika Anda membutuhkan sandal anti selip. 

 

Sesuaikan dengan ukuran kaki anak

Sebelum membeli sandal, mengukur kaki anak adalah hal yang wajib Anda lakukan. Hanya untuk mendapatkan sandal yang nyaman, panjang kaki sebaiknya tidak melebihi sol sandal. Tumit yang melebihi batas sendal bisa membuat kaki si kecil sakit dan lecet. Selain itu, pastikan jari-jari kaki memiliki ruang yang cukup.

Temukan desain sandal yang lucu dan menarik

Karena sandal ditujukan untuk anak kecil, desain yang lucu dan menarik tentunya akan membuat si kecil semakin tertarik. Anda bisa memilih berdasarkan motif kartun yang disukai atau penambahan aksesoris pada Sandal Anak.